Berita 

Partai Ummat Terbuka untuk Semua Termasuk Non-Muslim

Ketua Umum Partai Ummat Ridho Rahmadi mempersilahkan bagi siapa pun masyarakat yang ingin bergabung dengan Partai Ummat untuk bergabung. Menurut dia, Partai Ummat merupakan partai politik yang terbuka untuk semua kalangan, termasuk kalangan non muslim. “Kami terbuka untuk tidak hanya muslim,” tegas Ridho seperti dikutip Antara, Kamis (29/4/2021).

Pernyataan itu ia sampaikan usai deklarasi Partai Ummat yang dipimpin oleh Amien Rais selaku Ketua Majelis Syuro Partai Ummat. Ridho menggambarkan keterbukaan partainya dalam merangkul kader-kader non muslim seperti mengangkat penanggungjawab Partai Ummat di Papua dan Papua Barat dari kalangan non muslim. Ia menuturkan, kadernya tersebut kini tengah melakukan konsolidasi internal di daerah masing-masing. “Saya sangat trenyuh karena progres mereka begitu melaporkan hampir 100 persen kabupaten (Papua dan Papua Barat) Insya Allah ready,” ucapnya. Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.

Kendati demikian, Ridho mengakui bahwa perekrutan kader dari basis organisasi masyarakat (ormas) Islam masih menjadi andalan partainya. Hal itu didapatnya berdasarkan hasil komunikasi dengan sebagian besar penanggung jawab atau PIC di daerah. “Itu salah satu andalan kami sejauh ini. Ke depannya proyeksi kami lebih luas, terutama generasi muda,” tutur Ridho. Adapun agenda awal Partai Ummat, kata dia, masih akan memfokuskan diri untuk merampungkan pendaftaran partai sebagai badan hukum ke Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham).

Ridho menargetkan, proses pengurusan untuk legalitas sebagai partai politik baru dapat segera selesai. Sehingga partainya dapat mengikuti kontestasi pada Pemilu 2024. “Kalau dari peraturan kira-kira pendaftaran itu dua tahun enam bulan sebelum pemilu. Jadi kalau kita tarik tahun ini kan berarti sekitar Oktober (sudah mengumpulkan berkas pendaftaran,” kata dia. Setelah proses pendaftaran di Kemenkumham selesai dan disahkan, Ridho mengaku akan menemui seluruh kader Partai Ummat di berbagai daerah dari Papua hingga Aceh.

Sebelumnya diberitakan, Ketua Majelis Syuro Partai Ummat Amien Rais mendeklarasikan berdirinya Partai Ummat pada Kamis siang di Yogyakarta. “Bismillahirrahmanirrahim, saya deklarasikan kelahiran Partai Ummat di persada bumi pertiwi Indonesia yang kita cintai bersama,” kata Amien dalam acara deklarasi yang dipantau secara online melalui akun Youtube Amien Rais Official, Kamis. Amien menyebut, partainya bersama anak bangsa lainnya akan bekerja, berjuang dan berkorban untuk melawan kezaliman dan menegakkan keadilan. “Kami yakin seluruh mekanisme demokrasi kita dan konstitusi kita lebih dari cukup untuk melakukan perbaikan kehidupan nasional, sehingga kita tidak perlu cara-cara ekstra parlementer dan cara-cara ekstra konstitusional,” ucapnya. Setelah itu, Sekretaris Majelis Syuro Partai Ummat Ansufri Idrus Sambo mengungkapkan, jabatan Ketua Umum Partai Ummat diduduki oleh Ridho Rahmadi. Ridho diketahui merupakan menantu politikus senior sekaligus Ketua Majelis Syuro Partai Ummat, Amien Rais.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Ketum Partai Ummat: Kami Terbuka Tidak Hanya Untuk Muslim”, Klik untuk baca: https://nasional.kompas.com/read/2021/04/29/22150061/ketum-partai-ummat–kami-terbuka-tidak-hanya-untuk-muslim?page=all#page2.
Penulis : Nicholas Ryan Aditya
Editor : Dani Prabowo

Spread the love

Related posts