Tokoh 

Biografi Ridho Rahmadi: Ketua Umum Partai Termuda di Indonesia

Ridho Rahmadi adalah Ketua Umum Partai Ummat yang dideklarasikan oleh tokoh reformasi Amien Rais pada 29 April 2021. Ridho ditunjuk oleh Amien Rais menjadi Ketua Umum setelah diskusi panjang diantara para pendiri Partai Ummat. Diharapkan darah muda Ridho bisa membawa Partai Ummat menjadi partai yang diperhitungkan pada Pemilu 2024 mendatang dan dapat menjadi daya tarik pemilih milineal.

Ridho Rahmadi lahir pada 13 April 1985 atau berusia 36 tahun ketika ditunjuk menjadi Ketua Umum Partai Ummat. Ridho kini menjadi ketua umum partai termuda di Indonesia besama Agus Harimurti Yudhoyono, Ketua Umum Partai Demokrat dan Grace Natalie, Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia.

Ridho merupakan suami dari Tasniem Rais, putri Amien Rais. Memulai karir sebagai dosen pada jurusan Teknik Informatikan Universitas Islam Indonesia, Ridho akhirnya memutuskan untuk berhenti sebagai dosen dan masuk kedalam dunia politik. Ridho meraih gelar doktor pada tahun 2019 di Radboud University, salah satu universitas di Nijmegen, Netherlands. Setelah menyelesaikan PhD-nya di Belanda, Ridho menjadi peneliti tamu di Carnegie Mellon University, Amerika Serikat. Ridho memulai program doktor pada 2013, tak lama setelah lulus dari program master di dua universitas yaitu Johannes Kepler University dan Czech Technical University. Adapun gelar master yang diperolehnya yaitu dalam bidang artificial intelligence (kecerdasan buatan). Pada 2017, menantu Amien Rais ini melakukan visiting riset di Amerika selama 5-6 bulan, lalu kembali ke Indonesia. Selain itu, Ridho juga disebut mengerjakan proyek Uni-Eropa.

Setiap tahunnya, Ridho melakukan assembly meeting bersama rekan-rekan dari empat negara lain yaitu Belanda, United Kingdom (UK), Prancis, dan Jerman. Cerita penunjukkannya jadi Ketum Wakil Ketua Umum Partai Ummat Agung Mozin mengungkap cerita di balik terpilihnya Ridho Rahmadi menjadi Ketum Partai Ummat. Ridho tak bisa menolak panggilan tersebut meski selama ini fokus untuk mengabdi dalam bidang teknologi informasi. “Tetapi panggilan mulia untuk berjuang melawan kezaliman dan menegakkan keadilan ini tidak bisa saya tolak,” kata Ridho yang diceritakan oleh Agung Mozin seperti yang diberikan oleh tribunnews.com. Agung mengatakan, sebelumnya Ridho aktif mengajar di Universitas Islam Indonesia yang berada di Yogyakarta.

Selanjutnya Agung Mozin juga menyampaikan penunjukan Ridho Rahmadi adalah keputusan yang sangat tepat dari Majelis Syuro. Sebab, menurutnya partai politik sekarang memerlukan kepakaran dalam bidang teknologi informasi untuk bersaing dengan partai lain. “Kita harapkan Mas Ridho membuatkan kita beberapa aplikasi yang berguna untuk pemenangan Partai Ummat,“ ujar Agung.

(Disarikan dari beberapa sumber)

***

Spread the love